Rabu, 05 Desember 2018

Kata-Kata Bijak Singkat

Kata-Kata Bijak Kehidupan - Nelson Mandela

1. Jangan Takut


Kamu masih hidup. Dan itu berarti kamu akan mencintai dan dicintai… dan pada akhirnya, tidak ada yang benar-benar penting.Nicholas Sparks, The Best of Me
Terkadang, ada masanya rasa depresi muncul karena kamu merasa tak ada seorang pun yang memperhatikanmu. Kalau kamu merasa seperti itu, coba ingat-ingat selalu kata-kata bijak kehidupan yang dikatakan Nicholas Sparks dalam kutipan di atas ini.
Selama kamu masih hidup, buang jauh-jauh pikiran negatif yang hanya akan menghancurkan dirimu sendiri. Percayalah kalau masih ada orang yang mencintaimu dan bisa kamu cintai. Pada akhirnya, pikiran buruk yang bersarang di otakmu bukanlah hal yang benar-benar penting.

2. Tingkatkan Keberanianmu


Jadilah berani. Ambillah risiko. Tidak ada yang bisa mengganti pengalaman.Paulo Coelho
Jika kamu sering merasa kegagalan yang kamu alami adalah berasal dari rasa takutmu sendiri, mulai sekarang cobalah untuk lebih berani lagi dalam melakukan sesuatu. Pun kembali menemui kegagalan lagi, jadikanlah sebagai pembelajaran.
Dengan begitu, kamu jadi tahu antara mana yang harus dan tidak dilakukan dan terhindar dari kesalahan yang sama. Proses tersebut merupakan pengalaman berharga yang tak bisa digantikan dengan apapun.

3. Sumber Pengetahuan

Satu-satunya sumber dari pengertahuan adalah pengalaman.Albert Einstein
Sekeras apapun kamu belajar, pelajaran paling berharga yang akan kamu dapat adalah dari pengalamanmu sendiri. Karena dari situ kamu bisa belajar tentang mana yang benar dan salah.
Kata-kata bijak kehidupan dari Albert Einstein ini nampaknya juga menggambarkan penyataan tersebut. Jadi, jangan takut untuk mencoba, jika gagal, kamu perlu mencoba lagi tanpa menyerah.

4. Hati Seorang Sukarelawan


Tidak ada yang lebih kuat dari hati seorang sukarelawan.Pearl Harbour
Dari kata-kata mutiara satu ini mungkin kamu menangkap maksud bahwa menjadi seorang sukarelawan merupakan suatu kebaikan yang tak semua orang mampu melakukannya. Sukarelawan merupakan seseorang yang memiliki hati yang sangat tulus.
Dalam melakukan pekerjaannya untuk membantu orang yang membutuhkan pun juga mungkin tidak mudah dan selalu mulus. Ada banyak cobaan yang harus dihadapinya, tapi dengan hati yang tulus dan kuat, ia bisa mengatasinya.

5. Tentang Sebuah Kepercayaan

Beberapa orang tidak bisa percaya pada dirinya sendiri sampai orang lain percaya padanya terlebih dulu.Good Will Hunting
Terkadang, rasa percaya dari seseorang untukmu justru lebih besar dari rasa percayamu untuk dirimu sendiri. Hal ini mungkin terjadi karena kamu kurang percaya diri dan kurang memahami dirimu sendiri.
Kamu akan menunggu orang lain agar percaya kepadamu terlebih dulu sebelum kamu percaya pada dirimu sendiri. Jika hal itu sering terjadi, mulai sekarang cobalah tanamkan rasa percaya dirimu dan jangan pernah berbohong kepada diri sendiri.

6. Tak Ada yang Mustahil

Kelihatannya semua itu mustahil sampai semuanya terbukti. Nelson Mandela
Jika kita belum mengusahakan sesuatu secara serius, mungkin kita menganggap hal tersebut adalah mustahil. Apalagi jika kita selalu menganggapinya dengan sikap pesimis.
Padahal jika kita tak menyerah dan berjuang untuk mengusahakannya, belum tentu hal tersebut mustahil untuk terjadi. Kata-kata bijak kehidupan ini bisa kamu jadikan pengingat ketika sedang merasa pesimis akan sesuatu.

7. Hidup Tanpa Merepotkan Orang Lain

Dan alangkah indah kehidupan tanpa merangkak-rangkak di hadapan orang lain. Pramoedya Ananta Toer
Manusia memang makhluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa orang lain. Tapi, bukan berarti kita tidak bisa mengandalkan diri sendiri dan selalu bergantung pada orang lain.
Ada kalanya, kita harus bisa hidup secara mandiri dan melakukan apapun sendiri selagi masih mampu. Meminta bantuan orang lain bisa kita lakukan jika memang benar-benar dibutuhkan.

8. Beri Nilai Pada Usaha

Beri nilai dari usahanya jangan dari hasilnya. Baru kita bisa menilai kehidupan. Albert Einstein
Kata-kata bijak kehidupan satu ini mengajarkan kita untuk menilai sesuatu bukan dari hasilnya, melainkan dari usaha atau prosesnya. Jika hanya melihat hasil, kita tak akan pernah tahu bagaimana usaha keras yang ada di baliknya.
Sehingga kita tidak bisa menilai dengan lebih objektif. Hampir sama dengan pepatah jangan memandang buku dari sampulnya saja, sesuatu yang dilihat dari luar belum tentu baik seperti yang terlihat sekilas.

9. Makna Air Mata

Air mata berasa asin itu karena air mata adalah garam kehidupan. Buya Hamka
Kata-kata mutiara kehidupan ini seperti menggambarkan bahwa dalam menjalani hidup, pasti air mata turut menemani langkah kita. Air mata merupakan saksi bisu ketika kita sedang berjuang dalam kehidupan.
Rasa air mata yang asin merupakan garam dalam kehidupan. Tanpa adanya air mata, hidup kita akan terasa hambar.

10. Hal Berharga dalam Kehidupan

Yang paling berharga dan hakiki dalam kehidupan adalah dapat mencintai, dapat iba hati, dapat merasai kedukaan. Soe Hok Gie
Manusia memang dianugerahi dengan perasaan cinta yang membedakannya dengan makhluk ciptaan Tuhan lainnya. Bayangkan saja jika ada seseorang tidak memiliki perasaan, hidupnya pasti datar datar saja.
Ia tidak akan peka terhadap kehidupan di sekitarnya dan bisa jadi tidak mendapatkan perhatian dari orang lain, karena ia tak memiliki sifat simpati maupun empati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kata-Kata Bijak Singkat

1. Jangan Takut Kamu masih hidup. Dan itu berarti kamu akan mencintai dan dicintai… dan pada akhirnya, tidak ada yang benar-benar p...